Hati-Hati, Ini Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh! - Hallo sahabat INFORMASI KESEHATAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Hati-Hati, Ini Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Informasi Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Hati-Hati, Ini Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh!
link : Hati-Hati, Ini Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh!

Baca juga


Hati-Hati, Ini Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh!

Hati-Hati, Ini Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh!

Duniainformasikesehatan.com - Jika Anda perduli dengan kesehatan tubuh maka sebaiknya ketahuilah beberapa bahaya tidur terlalu lama berikut ini. Tubuh kita memang membutuhkan istirahat yang cukup setiap harinya, terlebih setelah melakukan beragam aktivitas pada siang harinya. Namun bukan berarti Anda pun dapat tidur sesuka hati disaat sudah tidak melakukan berbagai macam aktivitas tersebut.

Jika menurut ketentuan medis, tidur atau waktu istirahat yang paling ideal yakni 7 hingga 8 jam setiap harinya. Jika tidur kurang dari 7 jam atau bahkan melebihi waktu 8 jam, maka terdapat cukup banyak risiko buruk yang dapat menimpa kesehatan tubuh Anda. Untuk itulah sebaiknya membiasakan pola hidup sehat sedini mungkin dengan mengatur waktu tidur Anda.

Lantas, apa saja dampak negatif dari tidur terlalu lama setiap harinya? Inilah beberapa bahaya tidur terlalu lama dan dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita.

Mudah Sakit Kepala

Salah satu dampak atau akibat dari terlalu lama tidur yakni kepala akan mudah terasa sakit atau pusing. Hal tersebut diketahui karena neurotransmitter yang berada di dalam otak akan terganggu dan bermasalah ketika tubuh kita tidur terlalu lama. Dari kondisi tersebut dampak yang ditimbulkan adalah sakit kepala atau pusing.

Baca Juga : Selain Cegah Kanker, Berikut 6 Alasan Anda Harus Makan Kacang Tiap Hari

Mudah Terkena Obesitas

Saat tubuh kurang bergerak atau beraktivitas, maka salah satu risiko yang akan mudah timbul adalah berat badan berlebih atau obesitas. Saat tubuh kita terlalu banyak tidur bahkan hingga lebih darri 8 jam perhari pun diketahui merupakan salah satu faktor terkena obesitas. Merka yang pola tidurnya tidak teratur memang lebih berpotensi terkena obesitas dibandingkan mereka yang memiliki pola tidur teratur.

Fungsi Otak Melemah

Salah satu risiko dan bahaya dari tidur terlalu lama adalah melemahnya fungsi otak. Tidur lebih dari 7 atau 8 jam setiap harinya diketahui dapat menimbulkan penuaan otak 2 tahun lebih cepat. Pada kondisi tersebut biasanya kemampuan otak untuk mengingat dan mempelajari hal baru dengan cepat akan menurun frastis. Bahkan otak akan kesulitan saat menerima dan menyimpan informasi baru yang diperoleh.

Berpotensi Terkena Serangan Jantung

Mereka yang setiap harinya tidur lebih dari delapan jam sehari diketahui berpotensi lebih besar terkena serangan jantung. Karena saat tubuh beristirahat lebih dari delapan jam tanpa aktivitas, maka risiko angina pun akan memiliki prosentase dua kali lipat lebih banyak dari mereka yang memiliki pola tidur teratur. Kondisi ini tentu bukan tanpa alasan, karena sudah bayak ahli medis yang melakukan riset atau penelitian pada hampir 3000 orang lebih.

Meningkatkan Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Salah satu bahaya lain karena tidur lebih dari delapan jam setiap malam adalah mudahnya terkena penyakit diabetes tipe 2. Tubuh yang pasif tanpa banyak bergerak atau beraktifitas memang berpotensi lebih besar terkena penyakit diabetes tipe 2. Tidur yang terlalu lama setiap harinya tentu saja akan membuat tubuh akan lebih pasif, sehingga tak heran jika sistem metabolisme tubuh akan terganggu dan berpotensi menimbulkan ragam penyakit.

Baca Juga : Ini Manfaat Kulit Apel Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Risiko Kematian Lebih Awal

Dari sekian banyak risiko yang ada, bahaya paling akhir ini sebenarnya merupakan bahaya yang harus sangat diwaspadai. Tubuh yang terlalu lama pasif tanpa gerakan atau aktifitas tentu saja akan membuat kinerja organ tubuh terganggu dan tidak beraturan. Saat sistem metabolisme tubuh terganggu, maka sudah tentu akan terjadi banyak hal buruk di dalam tubuh. Dan salah satu yang terburuk adalah risiko kematian.

Selain kurangnya waktu tidur dalam keseharian, tidur berlebihan juga tentu saja memiliki risiko yang tidak kalah buruknya. Untuk itulah mengapa sebaiknya Anda mulai mengatur pola tidur sehat sedini mungkin untuk mengindari beragam bahaya tidur terlalu lama seperti yang telah dijelaskan di atas tadi. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat.


Demikianlah Artikel Hati-Hati, Ini Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh!

Sekianlah artikel Hati-Hati, Ini Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Hati-Hati, Ini Bahaya Tidur Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh! dengan alamat link https://infokesehatandansolusi.blogspot.com/2016/11/hati-hati-ini-bahaya-tidur-terlalu-lama.html

Post a Comment

 
Top