Anda Takan Pernah Mengira Nyatanya Labu Siam Sangat Ampuh Mengobati Darah Tinggi Begini Cara Mudah Mengolahnya ! - Hallo sahabat INFORMASI KESEHATAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Anda Takan Pernah Mengira Nyatanya Labu Siam Sangat Ampuh Mengobati Darah Tinggi Begini Cara Mudah Mengolahnya !, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel informasi, Artikel KESEHATAN, Artikel tips, Artikel Wanita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Anda Takan Pernah Mengira Nyatanya Labu Siam Sangat Ampuh Mengobati Darah Tinggi Begini Cara Mudah Mengolahnya !
link : Anda Takan Pernah Mengira Nyatanya Labu Siam Sangat Ampuh Mengobati Darah Tinggi Begini Cara Mudah Mengolahnya !

Baca juga


Anda Takan Pernah Mengira Nyatanya Labu Siam Sangat Ampuh Mengobati Darah Tinggi Begini Cara Mudah Mengolahnya !

Manfaat Labu Siam bagi kesehatan mungkin tidak banyak yang tahu, padahal labu siam ini banyak kita temukan sehari-hari. Salah satu manfaat labu siam adalah sebagai obat darah tinggi. Labu siam bahasa latinnya adalah Sechium edule Sw.

Labu siam bukanlah sesuatu yang asing bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Labu siam dikenal dengan beberapa sebutan, seperti labu jipang (Jawa Tengah), manisah (Jawa Timur), serta waluh siam (Jawa Barat). Di dunia internasional, sayuran ini disebut chayote. Pertama kali ditemukan oleh Patrick Browne di Jamaika pada tahun 1756.

Dalam kehidupan sehari-hari, Labu siam dikenal sebagai sayuran buah yang menyehatkan. Buahnya bisa dimasak sebagai lalapan, sayur lodeh, oseng-oseng, atau sayur asam. Pucuk batang dan daun mudanya biasa dibuat lalap atau sayuran lainnya.

Labu siam merupakan tanaman yang termasuk dalam famili cucurbitaceae. Tanaman ini termasuk tanaman merambat yang dapat tumbuh pada tanah dataran tinggi maupun dataran rendah, tanpa banyak memerlukan perawatan khusus.

Berdasarkan penampilan buahnya, Labu siam terbagi menjadi dua varietas, yaitu varietas Labu siam dan varietas Labu anggur. Varietas Labu siam memiliki ukuran buah besar, dapat dipanen pada umur cukup tua untuk bahan sayuran, atau stadium amat muda (baby) sebagai bahan lalapan. Varietas Labu anggur memiliki ukuran buah kecil, umumnya dipanen pada stadium amat muda (baby) untuk dijadikan bahan lalapan.

Kandungan kimia buah Labu siam

Buah Labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik, yaitu 1, 7 g per 100 gram. Serat pangan mampu mengurangi waktu tinggal (transit time) makanan sejak dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dalam bentuk feses. Selama tinggal di saluran pencernaan, serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik (penyebab kanker). Berkat singkatnya transit time sisa makanan di saluran pencernaan, waktu zat karsinogenik bermukim dalam tubuh juga makin pendek, sehingga peluang terjadinya kanker menjadi sangat kecil.

Kandungan asam folat pada buah Labu siam juga cukup baik, yaitu 93 mkg per 100 gram. Konsumsi 100 gram Labu siam cukup untuk memenuhi 23, 25 persen kebutuhab tubuh akan folat. Asam folat sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Konsumsi asam folat yang rendah pada ibu hamil berhubungan dengan erat dengan berat bayi lahir rendah dan kejadian neural tube defects (gangguan otak).

Defisiensi asam folat ditandai oleh gejala anemia, yaitu jumlah sel butir darah merah berkurang. Kebutuhan asam folat pada orang dewasa adalah 400 mkg per hari. Kebutuhan ini menjadi dua kali lipat pada ibu yang sedang hamil, dan bertambah 50 persen pada ibu yang sedang menyusui.

Khasiat Labu siam

Mencegah kanker

Buah Labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik, yaitu 1, 7 per 100 gram. Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna. Dengan mengkonsumsi rutin makanan olahan Labu siam, mampu menekan risiko kanker.

Makanan baik wanita hamil dan menyusui

Asam folat sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Konsumsi asam folat yang rendah pada ibu hamil berhubungan erat dengan berat bayi lahir rendah dan kejadian neural tube defects (gangguan otak). Kandungan asam folat pada buah Labu siam juga cukup baik, yaitu 93 mkg per 100 gram. Konsumsi 100 gram labu siam setiap hari cukup untuk memenuhi 23, 25 persen kebutuhan tubuh akan asam folat.

Cegah hipertensi 

Buah Labu siam juga kaya akan kalium. Kalium berguna bagi tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, tetapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kaliumjuga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, sehingga tubuh menjadi lebih segar. Untuk itu, penderita tekanan darah tinggi baik secara rutin mengkonsumsi Labu siam.

Turunkan kolesterol

Buah labu siam juga mengandung komponen vitamin yang cukup tinggi. Niasin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dalam hati, sehingga produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida dapat menurun. Mengkonsumsi rutin berbagai olahan Labu siam sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

Atasi asam urat 

Labu siam juga sangat baik bagi penderita asam urat. Efek diuretik dari labu siam akan melancarkan pembuangan air kecil, sehingga kelebihan asam urat dapat segera dikeluarkan dari dalam tubuh.

Diabetes mellitus (kencing manis)

Labu siam juga baik bagi penderita diabetes. Hal itu disebabkan pada Labu siam terdapat kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga penderita diabetes tidak perlu mengonsumsi makanan pokok secara berlebihan. Konsumsi rutin Labu siam yang dikukus, karena kandungan patinya mengenyangkan.

Ramuan untuk hipertensi

Berikut beberapa contoh terapi jus dari Labu siam untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bahan-bahan yang diperlukan, 200 gram Labu siam, 200 gram Mentimun. Kedua bahan ini dicuci dan dipotong-potong, dimasukkan ke dalam juicer. Lalu, airnya/sarinya diminum.

Itulah manfaat labu siam sebagai obat darah tinggi, semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Anda Takan Pernah Mengira Nyatanya Labu Siam Sangat Ampuh Mengobati Darah Tinggi Begini Cara Mudah Mengolahnya !

Sekianlah artikel Anda Takan Pernah Mengira Nyatanya Labu Siam Sangat Ampuh Mengobati Darah Tinggi Begini Cara Mudah Mengolahnya ! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Anda Takan Pernah Mengira Nyatanya Labu Siam Sangat Ampuh Mengobati Darah Tinggi Begini Cara Mudah Mengolahnya ! dengan alamat link https://infokesehatandansolusi.blogspot.com/2017/05/anda-takan-pernah-mengira-nyatanya-labu.html

Post a Comment

 
Top