Ini Posisi Tidur Terburuk dan Terbaik untuk Kesehatan Tubuh - Hallo sahabat INFORMASI KESEHATAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ini Posisi Tidur Terburuk dan Terbaik untuk Kesehatan Tubuh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KESEHATAN, Artikel Posisi Tidur, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Posisi Tidur Terburuk dan Terbaik untuk Kesehatan Tubuh
link : Ini Posisi Tidur Terburuk dan Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Baca juga


Ini Posisi Tidur Terburuk dan Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Ini Posisi Tidur Terburuk dan Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Ini Posisi Tidur Terburuk dan Terbaik untuk Kesehatan TubuhFoto: Thinkstock
Seperti apa posisi tidur favorit kamu? Tengkurap, menyamping atau terlentang? Mungkin banyak yang belum tahu kalau posisi tidur ternyata bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Sebuah studi mengungkapkan ada beberapa posisi tidur yang baik bagi tubuh, ada pula yang sebaiknya dihindari. Ini empat posisi tidur terbaik dan terburuk untuk kesehatan, seperti dikutip dari Daily Mail.

1. Meringkuk
Ilustrasi tidur meringkukIlustrasi tidur meringkuk Foto: Thinkstock

Tidur meringkuk seperti janin di dalam kandungan disebut-sebut sebagai posisi paling nyaman untuk tidur. Memberi kenyamanan saat tidur bisa saja benar, tapi belum tentu paling baik untuk kesehatan.

Pakar kesehatan tidur Elina Winnel mengatakan, posisi tidur meringkuk sebaiknya dihindari karena lebih banyak memberi pengaruh buruk. Kenapa?

"Kita mungkin tidak menyadari posisi tidur seperti itu memicu tubuh berada pada mode 'hadapi atau hindari'. Artinya, ketika tidur dalam posisi tersebut, kita akan memberikan sinyal pada sistem syaraf pusat bahwa Anda sedang menghadapi masalah, itu tidak baik saat tidur," jelasnya.

Baca Juga : Waspada! Kebiasaan Saat Tidur Ini Bisa Mengancam Kesehatanmu

2. Tidur Menyamping
Ilustrasi tidur menyampingIlustrasi tidur menyamping Foto: Thinkstock

Tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri atau kanan akan lebih baik ketimbang tidur meringkuk. Gunakan bantal pada kepala dan di samping tubuh untuk membantu menopang Anda kala tidur.

"Dari perspektif struktur, syaraf dan otot tubuh, serta aliran udara (posisi ini) lebih bersahabat untuk tubuh. Sistem pencernaan juga lebih baik, khususnya saat tidur menyamping ke kiri, melihat jalannya esofagus ke perut," jelas Dr. Ron Ehrlich, penulis 'A Life Less Stressed'.

3. Tengkurap
Ilustrasi tidur tengkurapIlustrasi tidur tengkurap Foto: Thinkstock

Menurut Dr. Ehrlich, tengkurap adalah posisi tidur terburuk. Saat tidur dengan kondisi perut tertekan, otot-otot pada kepala, leher dan rahang jadi menegang, sendi rahang juga jadi tegang, dan bisa membuat punggung serta tulang panggul terkilir. Pernapasan pun ikut terganggu.

Selain itu dijelaskan juga oleh pakar pengobatan tidur Shelby Harris, tidur tengkurap pun bisa menambah tekanan pada seluruh tubuh.

"Kamu akan bangun tidur dengan badan terasa kebas dan kesemutan, juga meningkatkan risiko nyeri otot dan persendian," ujar Shelby.

Baca Juga : Cuma 2 Detik! Cara Mudah Sebelum Tidur Ini Bantu Kamu Lebih Cepat Terlelap

4. Terlentang
Ilustrasi tidur telentangIlustrasi tidur telentang Foto: thinkstock

Posisi tidur terbaik yang paling dianjurkan para pakar kesehatan adalah terlentang. Dr Mark T. Brown menjelaskan saat tidur terlentang, leher, kepala dan dada bagian atas jadi merenggang.

"Bahu dan punggung jadi bisa relaks dan juga membantu mengatasi gangguan asam lambung," pungkasnya
Sumber : https://wolipop.detik.com/read/2018/06/20/190728/4075240/1135/ini-posisi-tidur-terburuk-dan-terbaik-untuk-kesehatan-tubuh


Demikianlah Artikel Ini Posisi Tidur Terburuk dan Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

Sekianlah artikel Ini Posisi Tidur Terburuk dan Terbaik untuk Kesehatan Tubuh kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ini Posisi Tidur Terburuk dan Terbaik untuk Kesehatan Tubuh dengan alamat link https://infokesehatandansolusi.blogspot.com/2018/06/ini-posisi-tidur-terburuk-dan-terbaik.html

Post a Comment

 
Top