Perkenalkan Kanker Serviks Pengancam Hidup Kaum Hawa. Kamu Harus Waspada! - Hallo sahabat INFORMASI KESEHATAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Perkenalkan Kanker Serviks Pengancam Hidup Kaum Hawa. Kamu Harus Waspada!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Serviks, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perkenalkan Kanker Serviks Pengancam Hidup Kaum Hawa. Kamu Harus Waspada!
link : Perkenalkan Kanker Serviks Pengancam Hidup Kaum Hawa. Kamu Harus Waspada!

Baca juga


Perkenalkan Kanker Serviks Pengancam Hidup Kaum Hawa. Kamu Harus Waspada!

Perkenalkan Kanker Serviks Pengancam Hidup Kaum Hawa. Kamu Harus Waspada!
Perkenalkan Kanker Serviks Pengancam Hidup Kaum Hawa. Kamu Harus Waspada!

Apa sih kanker serviks itu?

Bisa menyerang anak belia usia 20 tahun-an nggak sih?

Kanker Serviks ialah kanker yang muncul dalam leher rahim (serviks). Kanker ini cenderung mengintai wanita yang telah aktif secara seksual bersama rentang usia 30-45 tahunan. Sedangkan ia yang berusia 20-25 tahun masih mini kemungkinan buat bisa terjangkit penyakit ganas ini. Tapi, tidak ada salahnya kalau kamu pun berhati-hati, sebab ini menyangkut hayati dan meninggal.

Lalu, bagaimana kanker serviks bisa terjadi? Bagaimana pencegahannya? Berikut Hipwee Tips beri penjelasannya

1. Penyebab pokok kanker Serviks ialah Human Papiloma Virus (HPV), terutama HPV tipe 16 dan 18

HPV ialah sekumpulan jenis virus yang beberapanya bisa mengakibatkan kutil dalam tangan, kaki, dan indera kelamin. Nah, virus ini poly banget tipenya, asal yang kondusif sampai yang berbahaya. Salah 2 yang paling berbahaya dan 70%  mengakibatkan kanker serviks ialah HPV tipe 16 dan HPV tipe 18. Kedua virus ini bisa memicu munculnya sel-sel yang abnormal buat kemudian berubah menjadi kanker. Adapun virus ini menular melalui relasi seksual, termasuk juga seks oral. Wah, kudu super hati-hati nih.

2. Kamu layak memahami, bahwa butuh waktu sekitar 10-20 tahun bagi sel yang telah terkena virus HPV buat kemudian menjadi kanker

Jadi beginilah fase-fasenya; semisal seseorang wanita terpapar Virus HPV tipe 18 bersama daya tahan tubuh yang lemah. Virus ini kemudian bisa mengakibatkan sel leher rahim yang sehat berkembang jadi sel yang abnormal. Sel abnormal berkembang lagi menjadi sel prakanker dan terakhir menjadi kanker. Fase-fase ini berjalan lambat, dalam rentang waktu 10-20 tahun.

3. Hal yang bikin miris ialah kanker serviks biasanya baru terdeteksi sesudah stadium 3B ke atas!

Miris memang, kanker serviks baru menampakkan gejalanya sesudah menapaki stadium akhir, yakni stadium 3B ke atas. Gejala yang tidak sporadis muncul biasanya pendarahan asal vagina sesudah berhubungan seks (padahal sedang tidak menstruasi/telah menopause).

Setelah itu munculnya cairan berbau aneh (rona merah belia, cokelat, atau bercampur darah) yang tanpa henti asal vagina, pembengkakan dalam keliru satu kaki, nyeri dalam tulang, penurunan berat badan, nafsu makan berkurang, dan adanya darah dalam urin, juga termasuk pertanda-pertanda yang wajib diwaspadai, Girls!

4. Eits, jangan panik dulu sebab kamu bisa melakukan tindakan pencegahan bersama vaksinasi

Kabar baiknya, vaksin buat mencegah infeksi HPV yang mengakibatkan kanker telah poly tersedia. Buat kamu cewek yang telah menginjak usia 20-an dan udah aktif secara seksual, bisa mencegah munculnya kanker serviks bersama vaksin yang satu ini.

Yup, vaksin bivalen buat HPV 16 dan 18 namanya. Biaya vaksin ini berkisar asal Rp 600 ribu Rp 1,2 juta.

5. Sementara itu, rutin melakukan pap smear ialah cara mendeteksi dini kanker serviks

Pap smear ialah tes yang bertujuan buat mendeteksi sel-sel leher rahim kita. Jadi, dalam tes ini dokter spesialis kandungan akan merogoh sampel sel asal leher rahim kamu buat kemudian diperiksa dalam bawah mikroskop. Nah, bersama pap smear ini kamu bisa memahami apakah ada sel yang abnormal atau nggak dalam leher rahimmu.

Untukmu wanita usia 20-an -49 tahun dan udah aktif secara seksual, baiknya rutin melakukan pap smear 3 tahun sekali. Sementara wanita usia 50-64 tahun dianjurkan tiap 5 tahun sekali.

6. Kalau ternyata sesudah pap smear terdeteksi ada sel yang abnormal gimana? Pasti ngeri, ya?

Jangan khawatir dulu, kamu harus tetap tenang jikalau memang terdeteksi. Karena adanya sel abnormal dalam leher rahimmu nggak berarti kamu kena kanker serviks. Bisa jadi itu dikarenakan infeksi. Sel abnormal dalam beberapa kasus bisa kembali normal meski tanpa penanganan.

Tapi ada juga sel abnormal (masih belum terbilang kanker) yang biasanya perlu diangkat. Dari sini kamu jadi memahami kan kalau pap smear terencana itu krusial banget buat mengecek kesehatan sel leher rahimmu! Buat kamu usia 20-an yang udah aktif secara seksual, jangan takut dan males pap smear, ya!

7. Pola hayati sehat, hindari rokok, dan jauhi seks bebas ialah cara ampuh mencegah kanker serviks

Buat kamu para cewek usia 20-an, baiknya mulai ketika ini perbanyak makan dan minum yang sehat dan jangan malas berolahraga. Supaya daya tahan tubuhmu bertenaga dan nggak rentan kena infeksi. Untuk kamu yang udah aktif secara seksual, baiknya kamu dan pasanganmu sama-sama menerapkan prinsip bersetia dalam pasangan. Urusannya bukan perasaan lagi sih, tapi kesehatan

P.S: kondom emang bisa mencegah penularan HPV ketika berhubungan seks, tapi nggak bisa 100% mencegahmu asal infeksi. Hiiiiiiiiiii ~~

Disclaimer penulis: Tidak ada yang memahami kapan penyakit atau musibah itu datang. Tapi yang terperinci, kita sebagai wanita memang layak buat selalu waspada terhadap ancaman penyakit bahaya ini, kanker serviks. Tak hanya menyerang mulut rahim saja, kanker yang satu ini bisa sangat menghancurkan hasrat hayati kita sebagai kaum hawa. Untuk itu, sangat disarankan buatmu buat menjaga dan rutin memeriksakan keadaan rahim, meski asal luar terlihat sehat dan baik-baik saja. Good luck!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee dalam mig.me!


Demikianlah Artikel Perkenalkan Kanker Serviks Pengancam Hidup Kaum Hawa. Kamu Harus Waspada!

Sekianlah artikel Perkenalkan Kanker Serviks Pengancam Hidup Kaum Hawa. Kamu Harus Waspada! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Perkenalkan Kanker Serviks Pengancam Hidup Kaum Hawa. Kamu Harus Waspada! dengan alamat link https://infokesehatandansolusi.blogspot.com/2017/12/perkenalkan-kanker-serviks-pengancam.html

Post a Comment

 
Top